Mengenal Pengertian Green House dan Cara Membuatnya

Tanaman adalah contoh dari sekian banyak unsur pelengkap yang sangat dibutuhkan oleh seluruh manusia, bahkan bukan hanya manusia saja yang membutuhkan tanaman. Namun semua orang pun pastinya membutuhkan tanaman, tanaman membantu untuk menyerap air didalam tanah, tanaman juga digunakan sebagai salah satu produsen terbesar dalam menghasilkan oksigen.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang tumbuh subur di Indonesia ini, selain memiliki manfaat untuk menghasilakn air dan juga oksigen, masih ada banyak sekali manfaat dari tanaman ini. Bahkan tak sedikit orang yang memanfaatkan tanaman untuk dijadikan sebagai salah satu peluang usaha seperti dengan cara membudidayakan tanaman di dalam green house. Apa pengertian green house? Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

# Baca juga Pilih Mana,Plastik Biasa Atau Plastik UV…???

Apa Pengertian Green House?
Mungkin masih banyak orang yang belum mengerti apa pengertian green house? Green house merupakan bangunan seperti rumah namun bangunan atasnya berbentuk menggelembung dan biasanya atap yang melengkung ini dibalut dengan bahan-bahan yang tembus pandang seperti kaca, atau plastic bening atau plastik uv. Alasan mengapa bangunan ini dibuatkan atap yang bening dan tembus pandang tentu saja agar nantinya sinar matahari bisa langsung masuk kedalam tanaman-tanaman yang berada di green house ini.

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika Anda membuat green house ini, salah satu manfaatnya yaitu tanaman yang dibudidayakan di green house ini akan lebih terkontrol dan lebih terjaga. Karena tidak terpapar langsung oleh sinar matahari maupun terkena langsung derasnya guyuran hujan.

Green house memang dibuat karena sangat banyak manfaat yang akan didapatkan, Anda juga bisa membuat green house sendiri dengan berbagai macam cara di bawah ini :
A. Bahan-bahan yang dibutuhkan
– Bambu
– Kayu
– Pipa PVC
– Plastik uv, usahakan menggunakan plastic yang bening atau transparan
– Paranet. Selain paranet Anda juga bisa menggunakan screen net atau insect net
– Lem, tali, paku, palu, dan bahan-bahan lainnya yang berfungsi untuk merekatkan

B. Cara membuat green house
Setelah Anda mengetahui apa sajakah bahan-bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yaitu dengan memahami bagaimana cara membuat green house. Berikut ini beberapa caranya :
– Hal yang pertama yaitu pilihlah lokasi dimanakah yang akan dibuat tempat untuk green house ini.

– Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat ukuran green house yang akan disesuaikan sesuai dengan luas tanahnya.

– Kemudian Anda tinggal membuat rangka green house yang biasanya bentunya sama seperti bentuk rumah namun atasnya berbeda dengan rumah. Karena green house ini memiliki atap yang melengkung. Untuk membentuk melengkung, Anda bisa dengan menggunakan pipa PVC.

– Selanjutnya yaitu Anda dapat menutupnya dengan plastik uv. Setelah ditutup, maka selanjutnya tutup juga sekeliling green house itu dengan menggunakan paranet. Paranet ini berfungsi untuk menjaring jika ada serangga-serangga atau hama yang akan masuk kedalam green house ini.

– Untuk merekatkan sisi antar sisi, maka Anda bisa menggunakan lem dan paku yang tadi sudah disediakan. Jangan lupa untuk membuat pintu sebagai jalan untuk keluar masuk kedalam green house ini. Jangan lupa juga untuk membuat seperti rak atau bedeng yang nantinya digunakan untuk menata tanaman-tanaman yang akan dibudidayakan.

Nah bagaimana? Sangat menarik bukan? Yuk rawat tanaman-tanaman Anda dengan metode green house ini! Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat…

Tinggalkan komentar